Saturday, August 5, 2017

Cara Cek Anggota BPJS Apakah Telah Aktif

Tags

Cara Cek Anggota BPJS  - Tahukah Anda jika Anda sekarang bisa mengecek keanggotaan atau kepesertaan BPJS Anda maupun keluarga Anda bilamana aktif atau belum? Cara cek anggota BPJS bisa dilakukan secara online. Sehingga untuk mengetahui informasi tersebut Anda sama sekali tak perlu datang ke kantor BPJS. Misalnya Anda baru saja mendaftarkan diri Anda dan anggota keluarga Anda menjadi peserta BPJS kesehatan. Lalu, Anda penasaran apakah telah aktif atau belum, maka cukup gunakan cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini. 
cara cek keanggotaan bpjs,cek keanggotaan bpjs kesehatan online,lupa nomor bpjs,cara cek kartu indonesia sehat,bpjs ketenagakerjaan,cara mengetahui nomor bpjs,cek peserta bpjs ketenagakerjaan,

Cara mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan apakah telah aktif atau belum setidaknya ada dua. Yaitu secara online dengan mengakses website BPJS Kesehatan dan dengan menggunakan sarana pesan singkat atau SMS. Kedua cara ini bisa Anda coba dan betul-betul mudah serta praktis. Jika Anda memilih cara cek online melalui website, pertama masuklah ke website BPJS Kesehatan. Kemudian registrasi atau login menggunakan nomor kartu anggota/NOKA, kemudian masukan tanggal lahir dan angka validasi lalu pilih Cek. 

Apabila Anda dan keluarga Anda yang baru saja Anda daftarkan telah aktif keanggotaan BPJSnya maka pada layar komputer akan ditampilkan informasi bahwa Anda sekeluarga telah terdaftar. Termasuk didalamnya informasi mengenai kelebihan atau kekurangan pembayaran bila ada. Mudah bukan? Berikutnya cara cek anggota BPJS kesehatan yang lain adalah melalui SMS. Jika Anda kesulitan untuk mengakses internet, Anda dapat memanfaatkan cara kedua ini untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Anda. 

Cara cek anggota BPJS lewat SMS ini sangat mudah dan praktis. Caranya, silakan ketik SMS dengan format NOKA(spasi)nomor kartu BPJS Anda atau NIK(spasi)nomor induk kependudukan, atau NIP(spasi)nomor induk pegawai. Lalu, kirimkan SMS tersebut ke nomor 087775500400. Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan SMS balasan yang berisi informasi mengenai status keanggotaan Anda dan keluarga Anda. Termasuk apabila ada informasi-informasi lainnya terkait keanggotaan Anda. 

Dengan menggunakan kedua cara diatas, Anda dapat segera mengetahui status keanggotaan BPJS kesehatan Anda. Hal ini bisa bermanfaat apabila Anda sedang dalam keadaan darurat dan membutuhkan layanan BPJS kesehatan. Jika Anda telah memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda telah aktif keanggotaan BPJSnya, maka Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai menggunakan kartu BPJS Anda. 

Selain itu, pentingnya mengecek keanggotaan BPJS Kesehatan bagi Anda dan keluarga Anda juga untuk melakukan konfirmasi apakah ada kesalahan nama, nomor atau hal-hal lainnya yang mungkin terjadi. Kekeliruan kecil bisa menghambat Anda untuk mendapatkan pelayanan BPJS kesehatan. Karena itu cara cek anggota BPJS kesehatan bisa dimanfaatkan demi kenyamanan bersama serta untuk menghindari adanya kekeliruan dalam sistem database mengenai data dan keanggotaan. Bila ada pertanyaan, jangan ragu mendatangi kantor BPJS terdekat atau telpon 1500400.
Sekian Dan Terimah Kasih