Friday, April 14, 2017

Cara Cek BPJS Aktif Atau Belum

Tags

BPJS Kesehatan merupakan layanan pemerintah Indonesia dalam melakukan penjaminan kesehatan bagi warga negara Indonesia. Apakah Anda adalah salah satu pengguna BPJS Kesehatan? Dengan menjadi peserta dari BPJS Kesehatan, Anda akan mendapatkan layanan kesehatan yang lebih terjamin. Namun, Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Cara cek BPJS aktif atau tidak perlu Anda ketahui untuk mengecek status BPJS Kesehatan Anda setelah Anda mendaftarnya. Dengan demikian, dipastikan Anda dapat menggunakan kartu tersebut untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. 
cek bpjs kesehatan penerima upah,lupa nomor bpjs,cara cek bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak,cek keanggotaan bpjs kesehatan online,login,cara cek keanggotaan bpjs,cara mengetahui nomor,

Umumnya, peserta BPJS kesehatan yang mendaftar akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan aktif dalam waktu 14 hari sejak hari pembayaran yang pertama. Namun, kendala dan masalah bisa saja terjadi karena banyaknya peserta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa kartu BPJS kesehatan yang Anda miliki tersebut aktif ataukah tidak. Jika Anda tidak mengeceknya, bisa-bisa Anda akan ditolak ketika berobat karena kartu BPJS tersebut belum aktif. Lalu, bagaimana cara mengeceknya?

Tidak dipungkiri memang bahwa biaya kesehatan semakin hari semakin mahal saja. Hal tersebut menjadi momok tersendiri yang ditakutkan oleh masyarakat, terutama dari kalangan yang tidak mampu. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Melalui program BPJS Kesehatan, Anda bisa mendapatkan penjaminan kesehatan dengan cara membayar iuran setiap bulannya. Namun, pastikan dulu BPJS Kesehatan Anda sudah aktif atau belum sebelum benar-benar digunakan. 

Untuk warga yang kurang mampu sendiri, pemerintah telah menyediakan BPJS Kesehatan gratis. Nantinya, iuran ke BPJS Kesehatan akan ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta BPJS tak perlu membayar uang setoran setiap bulannya. Hal ini dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mensejahterakan rakyat Indonesia di bidang kesehatan. Dengan demikian, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang merata baik dari kalangan berada maupun kalangan kurang berada. 

Terdapat beberapa cara cek BPJS aktif atau tidak. Anda dapat memilih cara termudah agar proses yang Anda lewati pun berjalan cepat. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Melalui sms gateway
Anda dapat melakukan pengecekan BPJS aktif atau belum melalui sms gateway. Caranya mudah sekali, Anda cukup mengirimkan sms ke 087776600400 dengan format NOKANomor Kartu BPJS kesehatan milik Anda.

2. Melalui call centre BPJS
Selain menggunakan sms, Anda juga dapat melakukan pengecekan dengan langsung menghubungi call centre BPJS di nomor 1500400. Siapkan dulu data-data yang mungkin akan ditanyakan seperti nomor kartu BPJS dan data diri Anda.

Demikian cara cek BPJS aktif atau tidak dengan mudah dan efektif. Bagi Anda pengguna BPJS Kesehatan, cobalah untuk mengecek aktif tidaknya BPJS Anda dengan cara di atas. Pastikan kartu BPJS Kesehatan Anda aktif sebelum menggunakannya. 


Sekian Dan Terimah Kasih