Monday, November 20, 2017

Cara Reset Ulang HP Android ke Pengaturan Awal Pabrik (Default)

Tags


Smartphone  saat ini sudah tidak asing lagi di berbagai kalangan, karena semaking bertambah banyaknya jumlah dan jenis smartphone yang dapat dinikmati oleh semua kalangan baik itu kalangan masyarakat menengah kebawah hingga menengah keatas dengan harga yang bervariasi.

Ini merupakan suatu kemajuan lagi yang akan memberikan berbagai dampak, dengan kemajuan tersebut maka kita akan lebih mudah dan terbantu untuk mencari informasi dan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara lebih mudah,.sebab dengan menggunakan smartphone mudah untuk dibawa kemana-mana dan fitur yang ditawarkan juga sangat berbeda dari hp biasa, selain itu fungsi dari smartphone akan membuat anda dapat menikmati layanan yang ada dengan berbagai fungsi. Anda dapat menikmati aplikasi dan game yang langsung dimainkan lewat smartphone anda nantinya, dari segi fitur yang ditawarkan memang sangat menarik.

Salah satu jenis smartphone yang paling banyak digunakan adalah smartphone dengan sistem operasi Android, memang untuk handphone dengan basis android memiliki kelebihan tersendiri dari smartphone jenis lainya. Dengan berbagai macam aplikasi dan fitur baru yang dapat diguanakan dengan mudah, namun sayangnya dari berbagai fitur menarik juga ada sedikit masalah yang biasanya dialami oleh pengguna android. masalahnya umum adalah seperti lemot, hang, bootlop dan sebagainya.

Cara Reset Ulang HP Android ke Pengaturan Awal Pabrik
Cara Reset Ulang HP Android ke Pengaturan Awal Pabrik
 
Sebenarnya tidak sedikit orang yang mengalami kendala seperti lemot atau hang yang mungkin disebabkan karena  banyaknya cache yang menumpuk, dan banyak lagi penyebab yang membuat samrphone anda menjadi lemot bahkan sampai mengakibatkan bootloop pada smartphone ,namun kadang  bisa juga menggunakan reset ulang hp android ke pengaturan awal. tujuanya untuk mengembalikan smartphone android seperti kondisi baru yang dimana semua pengaturanya akan dikembalikan seperti baru lagi.

Reset android ke pengaturan pabrik atau awal akan berakibat pada hilangnya semua aplikasi, game dan data lain seperti, MP3, video, foto yang tersimpan pada memori internal HP atau ponsel android anda. Apabila anda sedang mencari cara reset ulang atau melakukan factory reset pada smartphone android maka anda dapat melakukan beberapa metode berikut seperti dengan melakukannya melalui menu backup dan reset pada settingan di Hp android anda, menggunakan kode rahasia atau bisa juga dengan melalui menu recovery mode yang ada pada hp atau ponsel android anda

Dengan melakukan reset android ke pengaturan pabrik atau awal maka akan membuat smartphone anda terasa lebih ringan dan akan lebih nyaman ketika digunakan. Cara melakukan reset smartphone   android juga bisa anda lakukan smartphone dengan sistem operasi blackberry tentunya caranya berbeda dengan samrtphone android.

Cara Reset Ulang Android Melalui Menu Setting

 

Sebelum melakukan reset pengaturan pabrik di smartphone android, maka anda perlu melakukan backup data terlebih dahulu dan anda simpan ke memori external atau microSD. adapun langkah-langkah agar dapat mengembalikan hp android ke pengaturan awal barik bisa simak dibawah ini.
  1. Pertama-tama masuk ke menu setting
  2. Kemudian scroll ke bagian bawah kemudian cari menu backup & reset
  3. Setelah itu lakukan tap factory data reset
  4. Jika sudah maka anda dapat centang bagian yang dianggap benar, selanjutnya klik tap reset device
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses factory reset berhasil
  6. Ketika semua proses factory reset sudah selesai, maka smartphone android anda dengan sendirinya akan restart otomatis, namun jika tidak restart dengan otomatis maka anda juga dapat melakukan restart secara manual oleh anda.
Selain cara diatas tadi untuk reset ponsel android, maka anda dapat menekan tombol keypad *2767*3855# untuk reset hp android dengan praktis dan cepat.

Cara Reset Android dengan Recovery Mode 

 

Walaupun tujuannya sama untuk memgembalikan smartphone ke pengaturan awal, mereset ulang android menggunakan recovery mode, ini merupakan cara yang paling ampuh untuk reset hp android. Jika anda tidak dapat mengakses menu setting pada smartphone/tablet seperti Bootloop, adapun cara melakukan recovert mode untuk reset android dengan wipe data seperti berikut.
  1. Perlu anda pastikan bahwa kapasitas baterai android haruslah masih banyak, minimal daya baterai tersisa 70% untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti kehabisan daya sebelum proses berakhir.
  2. Kemudian anda matikan hp android yang ingin di reset
  3. Setelah itu maka sobat tekan dan tahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersama-sama
  4. Lalu gunakan Volume Up untuk memilih menu Factory reset / Wipe data
  5. Jika sudah selanjutnya anda tekan tombol Home untuk memulai reset smartphone android.atau sesuai petunjuk pada layar smartphone
  6. Ketika sudah dalam proses reset, anda hanya perlu menunggu hinga prose selesai.
  7. Jika sudah selesai, anda perlu pilih menu Reboot System Now
Perlu anda ingat bahwa dengan melakukan reset akan menghapus data di memori internal dan mengembalikan ke pengaturan awal, oleh sebab itu anda perlu backup terlebih dahulu data yang ada untuk dipindahkan ke memori external.

Berikut Cara Masuk Menu Recovery Beberapa merek SmartPhone

1. Acer BeTouch E210 dan Acer Liquid Metal:
Tekan Tombol Volume Down (bawah) + Camera + Power Secara bersamaan

2. Advan T1c:
Tekan tombol POWER, setelah menyala, tekan tombol Volume Down (bawah) hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Kemudian tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.

3. Cross A1 Tabmate:
Tekan dan tahan tombol Vol Down (bawah), kemudian tekan tombol POWER (jangan dilepas sampai masuk recovery mode)

4. Cross AD350: 
Tekan tombol HOME + Volume Down (Bawah) + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.

5. Cross A6T TabMate:
Tekan Tombol Home + Volume Up (Atas) + Tombol Power

6. Blueberry CSL Mi 410:
Tekan dan tahan tombol Volume Up (Atas)+ Volume Down (bawah) + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME

7. Blueberry CSL Mi 320:
Tekan Trackpad + tombol Volume Up (Atas) + Power secara bersamaan

8. Huawei X3 dan X5:
Tekan dan tahan tombol Volume Up (Atas) + tombol Power secara bersamaan

9. Huawei S7:
Tekan tombol MENU + Call + Power Secara bersamaan

10. Ideos C8150 (AHA Touch):
Tekan tombol Call + Volume Up (Atas) + Tombol Power Secara bersamaan
Sekian Dan Terimah Kasih