Monday, October 31, 2016

Manfaat Rutin Push Up Meningkatkan Pembetukan Otot Tubuh

images

 

MENJAGA kesehatan dan kebugaran tubuh, tidak harus pergi ke gym kok. Saat ada waktu luang sepulang kerja atau di kantor, Anda bisa melakukan latihan singkat. Misalnya, rutin melakukan push up.

Jangan memandangnya sebelah mata, push up mendatangkan manfaat yang baik untuk tubuh lho. Berikut sederet manfaat push up yang bisa Anda peroleh, bila dilakukan secara rutin.

Pembentukan tubuh bagian atas

Push ups melibatkan gerakan otot pectoralis major di dada, otot bahu, dan trisep. Otot ini masing-masing melakukan kerjanya untuk membangun kekuatan otot yang lebih besar, serta meningkatkan kinerja olahraga.

Melatih kekuatan inti

Ketika Anda melakukan push up, tulang belakang harus tetap dalam keadaan netral dan kuat. Mempertahankan lekuk tulang belakang saat melakukan push up, tentu bermanfaat untuk melatih kekuatan otot inti Anda.

Meningkatkan massa tulang

Massa tulang secara alami mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, terutama di akhir usia 30an. Jika dibiarkan, tulang belakang dapat mengalami osteoporosis, suatu kondisi medis yang ditandai dengan pelemahan tulang dan menyebabkan tulang rawan patah. Secara alami, push up mampu meningkatkan massa tulang.

Meningkatkan metabolisme

Push up menggunakan sejumlah besar otot pada saat yang sama, termasuk pada bagian kaki. Push up membuat jantung memompa darah ke otot-otot yang bekerja dan peningkatan frekuensi pernapasan. Satu set push up dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan memberikan kontribusi penurunan berat badan. Demikian dikutip dari laman Livestrong, Senin (31/10/2016).

 

sumber

Sekian Dan Terimah Kasih