Monday, March 4, 2013

Harddisk atau Drive Terdeteksi tetapi tidak tampil di explorer

awalnya ketika saya bermigrasi dari Windows 7 ke Windows 8. Selama saya menggunakan windows 7 saya mempunyai partisi aktif yaitu Harddisk 1 ( Drive C:) dan (Drive E:) sedangkan Harddisk 2 (Drive D:) semua Harddisk tersebut berisi data penting.
Setelah saya menginstal Windows 8, Harddisk ane tinggal Harddisk 1 ( Drive C:) dan Harddisk 2 (Drive D:). Kemana Drive E:
Klik gambar untuk memperbesar
cek ke Device Manager ,Harddisk  kedetek semua dan partisinya juga . Tapi mengapa tidak muncul juga di explorer. Malah yang keluar system reserved. Lihat Juga (Menghapus Partisi System reserved pada Windows)

Kemudian ternyata masalahnya adalah pada drive letternya. Iya drive letter pada partisi harddisk  ada yang hilang.

Klik gambar untuk memperbesar

Untuk mengembalikannya adalah klik menu File di Windows Explorer kemudian pilih "Manage"

Klik gambar untuk memperbesar

Perhatikan gambar diatas, Harddisk dengan label Data 2 tidak mempunyai driver letter seperti Harddisk Data 1 yang mempunyai drive letter F:

Ini penyebab kenapa Harddisk tidak tampil di Explorer, untuk mengatasinya kita harus memberikan secara manual drive letter untuk Harddisk Data 2

Caranya adalah klik kanan pada Harddisk yang tidak mempunyai drive letter tersebut kemudian pilih dan klik "Change Drive Letter and Path"

Klik gambar untuk memperbesar

Kemudian pada "Assign the following drive letter :" pilih drive letter yang diinginkan.
Misal yang anda gunakan adalah E: (Dengan syarat E: belum digunakan oleh drive lain)

Klik gambar untuk memperbesar


kemudian klik OK,

Tara.....
inilah hasilnya, Harddisk Data 2 sudah mempunyai drive letter dan sudah bisa diakses di Explorer.
Sebenernya hal seperti ini sederhana dan mudah banget gan, ane dulu juga pernah ngalami beberapa kali tapi sering terlupakan. Maka dari itu saya tulis di blog ini. Semoga bermanfaat ya gan.
Sekian Dan Terimah Kasih